aquila-styleaquila-style
Updated: Wed, 26 Jun 2013 14:59:54 GMT

Masjidil Haram Direnovasi, Arab Saudi Pangkas Kuota Haji

Pemerintah Arab Saudi telah mengurangi jumlah jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dikarenakan adanya renovasi untuk memperluas Masjidil Haram di Mekkah.


Aquila

Masjid Al-Haram. AFP PHOTO / FAYEZ NURELDINE

RIYADH, 16 Juni 2013 (AFP)—Pemerintah Arab Saudi telah mengurangi jumlah jamaah haji yang akan berangkat tahun ini  dikarenakan adanya renovasi untuk memperluas Masjidil Haram di Mekkah. Demikian diumumkan Menteri Urusan Haji Arab Saudi, Bandar Hajjar.

Menurut Hajjar, kementeriannya telah memutuskan untuk memangkas setengah kuota haji dari Arab Saudi, dan sekitar 20 persen kuota dari luar negeri.

“Ini adalah keputusan yang tidak biasa dan bersifat sementara,’ ungkap sang menteri seperti dikutip kantor berita SPA, Sabtu (15/6).

Jumlah jamaah haji tahun lalu mencapai 3,1 juta orang, sebagian besar dari mereka berasal dari luar negeri.

Hajjar mengatakan proyek perluasan Masjidil Haram akan menambahkan lahan seluas 400 ribu  meter persegi sekaligus meningkatkan kapasitasnya untuk menampung 2,2 juta orang sekaligus.

Keputusan ini diambil saat Arab Saudi sedang memerangi penyebaran virus mirip SARS, MERS, yang sejak September tahun lalu telah menewaskan 28 warga negara tersebut dari 33 orang di dunia.

Haji tahun ini dilaksanakan pada bulan Oktober.

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft