Wed, 24 Jul 2013 20:30:00 GMT | By Merdeka

10 Sahabat Rasulullah yang Dijanjikan Surga

Mereka disebut juga Ashara Mubashara.


10 Sahabat Rasulullah yang dijanjikan surga (© Merdeka)

Salah satu tujuan umat Islam menaati ajaran dan juga hukum Islam adalah masuk surga. Di Alquran pun Allah memerintahkan umatnya agar berlomba-lomba masuk surga. Seperti yang dijelaskan di Surat Ali Imran ayat 133:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya selangit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.

Bertakwa adalah jalan terbaik bagi umat Islam dalam meraih surga. Selain itu, berperang, bertempur di jalanNya juga merupakan cara yang baik. Lalu, bagaimana perasaan Anda ketika sudah dijanjikan surga oleh Allah?

Seperti dilansir dari lastprophet.info, Allah menjanjikan surga kepada sepuluh sahabat Nabi. Mereka disebut juga Ashara Mubashara. Ashara Mubashara adalah sekelompok setia pengikut dan sahabat Nabi yang dengan gagah dan berani berjuang di jalan Allah dan Islam hingga akhir hayatnya.

Mereka adalah Abu Bakar As Shiddiq, Umar Bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thala bin Ubaidullah, Zubair bin Al Awwam, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqqas, Said bin Zayd, Abu Ubaidah Amir bin Abdullah.

Lalu, mengapa kesepuluh sahabat tersebut dijanjikan surga oleh Allah SWT? Semuanya memeluk Islam pada awal zaman kemunculan Islam, mereka menunjukkan kesetiaan dan keberanian di jalan Islam dengan ikut hijrah, berpartisipasi dalam banyak perang, mengucap janji kesetiaan pada Nabi di Hudaibiyah dan terdapat banyak cerita dan kisah di hadis Islam atas nama mereka.

Jika sudah tidak memungkinkan lagi bagi kita kini melakukan beberapa hal di atas, maka Anda bisa mencoba meneladani, menganut dan mencontoh beberapa kemuliaan serta kerja keras para sahabat di atas.

Abu Bakar As Sidiq terkenal sebagai sang pelindung dan penolong yang lemah, selain itu ia juga sangat dermawan. Umar bin Khatab terkenal dengan kesetiaan dan keberaniannya di sisi Nabi. Usman bin Affan adalah seseorang yang berjiwa pemimpin, penyebaran Islam sangat pesat di bawah komandonya.

Ali bin Abi Thalib merupakan seseorang yang tak kenal lelah dan tidak pernah putus asa, selain itu ia juga orang yang sangat adil. Thala bin Ubaidullah memberikan perlindungan dan pembelaan tiada henti atas nama Islam. Zubair bin Awwam adalah pemimpin sejati yang berhasil menaklukkan Mesir.

Lalu Abdurrahman bin Auf terkenal dengan jiwa solidaritas yang sangat tinggi. Kedermawanannya terhadap sesama sangat dikagumi umat. Sa'ad bin Abi Waqqas terkenal dengan kepiawaiannya dalam perang dan juga dunia politik.

Said bin Zayd merupakan pejuang sejati, ia ikut di semua perang bersama Nabi kecuali Perang Badar. Sama halnya dengan Said, Abu Ubaidah Amir bin Abdullah sangat setia di samping Nabi di setiap perang.


[bai]

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft