Wed, 17 Jul 2013 15:38:45 GMT | By MULA-ANTARA

Pemerintah akan Impor Sapi Siap Potong

Jakarta (Antara) - Pemerintah kembali menambah pasokan daging sapi untuk menekan harga daging yang masih berada pada kisaran Rp95.000 per kilogram dengan mendatangkan sapi siap potong dari Australia.


Pemerintah akan Impor Sapi Siap Potong

Jakarta (Antara) - Pemerintah kembali menambah pasokan daging sapi untuk menekan harga daging yang masih berada pada kisaran Rp95.000 per kilogram dengan mendatangkan sapi siap potong dari Australia.

"Kita akan menambahkan berapapun kebutuhannya, bukan hanya untuk sapi bakalan, tapi juga sapi siap potong," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan komitmen Australia bahwa mereka memiliki persediaan yang cukup untuk sapi siap potong tersebut untuk bisa dikirim ke Indonesia.

Wamen menjelaskan, pihaknya tengah menyiapkan Peraturan Menteri Perdagangan yang akan mengatur mengenai bagaimana prosedur untuk melakukan impor sapi siap potong.

"Selama ini masih belum ada prosedur untuk melakukan impor sapi siap potong, yang ada sapi bakalan, diharapkan selesai pada Kamis (18/7)," ujar Bayu.

Ia mengatakan, importasi sapi siap potong dari Australia tersebut diharapkan bisa mulai dilakukan pekan depan, mengingat kebutuhan akan daging sapi terus meningkat menjelang perayaan Idul Fitri.

Menurut Bayu, langkah yang diambil pemerintah kali ini dikhususkan untuk meredam harga daging sapi yang hingga saat ini masih berada stabil dalam kisaran tinggi.

"Besarannya masih belum bisa saya sebutkan, namun ini merupakan langkah intervensi terhadap kenaikan harga yang terjadi saat ini," kata Bayu.

Untuk menekan harga daging sapi yang masih terus melambung tersebut, pemerintah juga telah menugaskan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengimpor daging sapi beku sebanyak 3.000 ton.

Bulog sendiri telah mengupayakan untuk mempercepat masuknya daging sapi beku ke tanah air dengan menggunakan angkutan udara, dan diharapkan dalam waktu satu minggu, sebanyak 800 ton daging sapi beku akan masuk ke Indonesia.

Sementara sebanyak 2.200 ton lainnya, akan didatangkan Bulog melalui angkutan kapal dan akan masuk di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, sebanyak 27 perusahaan penggemukan sapi yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Daging & Feedlot Indonesia (Apfindo), menyediakan 109.000 ekor sapi siap potong untuk menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 2013, yang terdiri dari 99.000 sapi eks impor dan 10.000 ekor sapi lokal.

Namun, hingga saat ini daging sapi di pasar-pasar masih mengalami kekurangan pasokan yang menyebabkan harga daging sapi masih berada di kisaran Rp.90.000 hingga Rp100.000.

"Kita harapkan harga daging kembali normal di kisaran Rp70.000 sampai Rp80.000 dalam waktu dekat," ujar Bayu.(tp)

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft