Merdeka Jakarta News Feed
Updated: Fri, 06 Sep 2013 21:51:59 GMT | By Merdeka Jakarta News Feed

Ahok: Jokowi ingin BPK awasi BUMD dan keuangan Pemprov DKI



Berita Satu

MERDEKA.COM, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan, Pemprov DKI Jakarta telah melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit manajemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kerja sama itu diinginkan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) untuk menghindari adanya praktik korupsi di BUMD.

"Itu tahap kedua, kemarin dengar dari Pak Gubernur pengennya cash management yang macet juga dimonitor BPK. Jadi kalau mau tahu orang korupsi atau enggak dilihat dari lalu lintas duit itu. BPK kan luar dan luas, tapi jujur saja Pak Gubernur ingin BPK terlibat," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/9).

Menurut Ahok, Jokowi menginginkan BPK ikut terlibat dalam mengawasi agar tak ada penyelewengan uang rakyat. Ahok mengatakan, semakin banyak yang memonitor maka diharapkan kinerjanya BUMD semakin bagus.

"Jadi Pak Gubernur itu ingin semua uang rakyat itu dimonitor habis. Semakin banyak yang monitor semakin bagus," jelasnya.

Namun, Ahok mengaku audit manajemen tidak hanya kepada BUMD saja tetapi seluruh jajaran di Pemprov. Menurutnya, KPK juga telah masuk memonitor keuangan di Pemprov. "Jangankan BPK, KPK saja sudah masuk ke sini (Pemprov). KPK sudah masuk soal aset, PPATK juga sudah masuk soal arus duitnya pejabat DKI semuanya sudah masuk," kata dia.

Keikutsertaan BPK tersebut agar tidak ada lagi korupsi anggaran dijajaran PNS Pemprov maupun BUMD. Sebab, apalagi melakukan korupsi satu dinas maka akan merebet ke dinas lainnya.

"Tapi intinya sama. Jadi kita ingin tidak lagi ada kebocoran, misalnya kalau bocornya itu satu ember-satu ember gimana, kalau setetes setetes masih tolerir, tapi yah tetep disikat," tegasnya.

Apabila hasil temuan BPK terdapat penyelewengan anggaran, Ahok secara tegas akan mempindanakan pejabat tersebut. "Yah pidanain. Kita seret saja semua ke Kejaksaan Agung. Kita laporin suruh tangkap saja semuannya," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft