Liputan
Updated: Thu, 15 Aug 2013 00:01:00 GMT

Menanti Kiprah Tiga Manajer Baru Liga Inggris

Tiga pelatih baru di tiga klub papan atas Liga Premier akan menjadi sorotan pada musim 2013/14.


Menanti Kiprah Tiga Manajer Baru Liga Inggris

Tiga pelatih baru di tiga klub papan atas Liga Premier akan menjadi sorotan pada musim 2013/14. Ketiganya adalah David Moyes, Manuel Pellegrini, dan Jose Mourinho.

David Moyes menggantikan Sir Alex Ferguson di Manchester United, Manuel Pellegrini mengambil alih jabatan Roberto Mancini yang dipecat di Manchester City, dan Jose Mourinho yang kembali ke Chelsea.

Di antara berbagai perubahan, terdapat harapan-harapan bahwa terdapat kejutan di papan atas. Namun tugas Moyes adalah memastikan dominasi United selama 20 tahun dapat terus dipertahankan.

Pria Skotlandia itu kelihatannya menghadapi tugas terberat di antara ketiga pelatih baru. Meski ia mewarisi tim juara, ia tidak memiliki pengalaman bersaing di papan teratas klasemen dan akan mendapati bayang-bayang Ferguson.

Para penggemar akan dengan cepat sangat merindukan Ferguson jika Moyes gagal menghadapi laju pertandingan-pertandingan pembuka, yang akan mempertemukan timnya dengan Chelsea, City, dan Liverpool.

Tidak seperti Moyes, Mourinho tahu apa yang diperlukan untuk menjuarai Liga Utama Inggris, setelah ia memimpin Chelsea menjadi juara secara berturut-turut pada 2005 dan 2006.

Saat ia kembali ke Chelsea dari Real Madrid, ia mengabaikan aksioma klasik sepakbola yang mengatakan seseorang tidak dapat mengulang kesuksesan-kesuksesaan di masa lalu pada klub yang sama, namun kali ini ia bertekad untuk menurunkan warisan yang bertahan lama.

Pelatih Portugal berusia 50 tahun ini kembali dan mendapati timnya sekarang memiliki filosofi permainan yang mengandalkan penguasaan bola, bukannya gaya serangan balik yang ia perkenalkan pada masa kerja pertamanya di Stamford Bridge.

Ia akan merasakan "sakit kepala" untuk memilih gelandang serang yang dapat dimainkan, di mana rekrutan baru Andre Schuerrle dan pemain yang kembali dari masa pinjaman Kevin De Bruyne diharapkan dapat bersaing dengan Juan Mata, Eden Hazard, Oscar, dan Victor Moses untuk tiga posisi gelandang depan di formasi 4-2-3-1.

Di lini depan, ia harus memilih untuk terus mengejar rehabilitasi Fernando Torres atau memberikan tempat kepada pemain 20 tahun Romelu Lukaku, yang mencetak 17 gol saat dipinjamkan ke West Bromwich Albion musim lalu.

Pellegrini, mantan pelatih Villarreal, Real Madrid, dan Malaga, belum pernah bekerja di Inggris sebelumnya, namun gerak cepat City di bursa transfer membuat ia memiliki waktu yang cukup untuk memahami timnya.

Pria Chile berusia 59 tahun itu memiliki 90 juta pound dalam diri bakat-bakat baru di timnya berupa sepasang pemain Spanyol Jesus Navas dan Alvaro Negredo, gelandang Brasil Fernandinho, dan penyerang Montenegro Stevan Jovetic.

Pellegrini harus memanfaatkan kuartet talentanya itu untuk mempertajam serangan yang hanya mampu mencetak 66 gol pada musim lalu, yang hanya menempati peringkat kelima tersubur di liga.

Juara 2012 itu juga berupaya memperbaiki lini pertahanannya, namun mereka terlihat rapuh pada pra musim dan cedera yang mendera bek tengah Serbia Matija Nastatic mungkin dapat memaksa klub kembali memasuki bursa transfer.

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft