Fri, 12 Jul 2013 13:25:42 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

5 Lagu yang Dijadikan Soundtrack 2 Sinetron Berbeda

Berikut beberapa judul lagu yang dijadikan soundtrack lebih dari 1 judul sinetron harian.


5 Lagu yang Dijadikan Soundtrack 2 Sinetron Berbeda

PRODUKSI tayangan drama di stasiun TV Indonesia cenderung instan.

Proses syuting sinetron harian yang berdurasi dua atau tiga jam sehari, cukup dilakukan dalam satu hari. Untuk FTV, rata-rata hanya memerlukan empat hari. Serba instan, lagu tema pun kerap meminjam lagu yang sudah terkenal.

Ini berbeda dengan kondisi era 90-an hingga awal 2000-an, di mana hampir semua lagu tema sinetron dibuat khusus. Bisa dilihat dari judul lagu yang sama dengan judul sinetron, di antaranya; Janjiku, Tersanjung, Doaku Harapanku, Noktah Merah Perkawinan, dan Mimpi Manis.

Kini, hanya sedikit rumah produksi yang mau membuat lagu tema khusus untuk sinetron. MD Entertainment bisa dibilang paling concern masalah soundtrack. Melalui label MD Music, MD membuatkan lagu-lagu khusus sinetronnya, seperti yang bisa Anda dengar di sinetron Gajah Mada (Regina Idol), Istri yang Dikhianati (Shireen Sungkar), atau Raden Kian Santang (The Mahir).

Sebaliknya, beberapa judul sinetron harian tak sungkan meminjam lagu yang sebenarnya sudah pernah dipakai sinetron harian lain. Kalau beberapa judul FTV memakai lagu yang sama mungkin masih bisa dimaklumi, karena sekali tayang tamat. Tapi jika sinetron yang tayang tiap hari memakai lagu yang sudah pernah dipakai sinetron harian buatan PH lain? Apakah Indonesia kekurangan lagu bagus?

Berikut beberapa judul lagu yang dijadikan soundtrack lebih dari 1 judul sinetron harian.

MAHA MELIHAT (Opick Feat. Rachel Amanda)

"Seiring waktu berlalu / tangis tawa di nafasku / hitam putih di hidupku / jalani takdirku"

Lagu ciptaan Opick ini pernah dijadikan lagu tema sinetron Manohara (2009), yang dibintangi Manohara Odelia Pinot dan Dude Harlino. Kala itu, sinetron produksi SinemArt itu menjadi acara unggulan RCTI menemani saat berbuka.

Tahun 2013, Amanah Surga Productions memilih lagu tersebut menjadi soundtrack sinetron Setulus Kasih Ibu, yang sampai saat tulisan ini dibuat masih tayang di Indosiar.

INSYA ALLAH (Maher Zain Feat. Fadly Padi)

"Insya Allah / Insya Allah / Insya Allah / ada jalan"

Perempuan Pembawa Berkah, sinetron Ramadhan tahun 2011 yang mengisi slot super primetime SCTV, menjadikan lagu Insya Allah sebagai lagu tema. Sinetron Soraya Intercine Films yang dibintangi Shandy Aulia dan Didi Riyadi kurang perform secara rating, sehingga SCTV memindahkan ke slot pukul 22.00 WIB di minggu kedua Ramadhan tahun 2011.

Tahun 2012, SCTV menghadirkan sinetron berjudul Insya Allah Ada Jalan. Mengusung konsep episodik, sinetron ini kembali memakai lagu ciptaan Maher Zain, Bara Kherigi dan Novia Stephani itu. Sah-sah saja karena sinetron garapan DNA Entertainment juga menampilkan Maher Zain dan Fadly sebagai pengantar di setiap episodenya.

KARENA KU SANGGUP (Agnes Monica)

"Karena ku sanggup / walau ku tak mau / berdiri sendiri tanpamu"

Agnes Monica sudah cukup lama vakum bermain sinetron. Terakhir ia membintangi Pejantan Cantik (2010), bersama Okan Kornellius. Sinetron Soraya Intercine Films itu memakai lagu pembuka dan penutup berbeda, keduanya milik Agnes. Jika openingnya memakai Paralyzed, Karena Ku Sanggup menjadi lagu penutup sinetron yang kemudian berubah judul jadi Marisa itu.

Tahun 2012, RCTI menayangkan Mimo Ketemu Poscha produksi SinemArt. Lagu ciptaan Agnes Monica dan Andi Rianto ini kembali menjadi lagu tema sinetron yang dibintangi Agnes bersama Rezky Aditya itu. Konon, Mimo Ketemu Poscha sudah syuting sejak tahun 2009. Karena satu dan lain hal, sinetron ini baru tayang tiga tahun kemudian.

STATUS HAMBA (Wali)

"Wahai Allah wahai Tuhanku / ampuni semua dosa-dosaku / Dosa ibu dan bapakku / dan dosa-dosa semua hamba-Mu"

Islam KTP menjadi sinetron terpanjang produksi Multivision Plus, 558 episode. SCTV kemudian menayangkan Bukan Islam KTP, yang tayang di penghujung 2011. Meski sebagian pemainnya sama, ceritanya nyaris tak ada hubungan dengan Islam KTP.

Jika Islam KTP memakai lagu Wali berjudul Tobat Maksiat, Bukan Islam KTP memasang lagu Wali yang berjudul Status Hamba. Berbeda dengan Islam KTP yang sukses besar, Bukan Islam KTP tak berumur panjang.

Ramadhan 2013, RCTI memasang sinetron Anak-anak Manusia di jam sahur. Sinetron produksi SinemArt ini juga memasang lagu ciptaan Apoy Wali sebagai soundtrack.

TAFAKUR (Opick)

"Sejauh-jauh mata memandang / sedalam-dalam hati merasakan / hanya setitik debu yang tertuang / dalam syair pujian"

Lagu Tafakur pertamakali digunakan lagu tema untuk Jiran, sinetron Ramadhan tahun 2009 yang menghiasi primetime Indosiar. Sinetron Soraya Intercine Films ini dibintangi Titi Kamal dan Didi Riyadi. Jiran memang tak sesukses Muslimah (Titi Kamal, Okan Kornellius), sinetron Soraya yang sedianya dibuat untuk Ramadhan 2008 Indosiar, namun karena sukses 'beranak' hingga 263 episode.

Tahun 2013, AS Productions memasang lagu ciptaan Opick itu sebagai lagu tema sinetron Tafakur Cinta. Sinetron Indosiar yang dibintangi Angelica Faustina Simperler dan Rendy Septino itu kurang perform. Awalnya mengisi slot 17.00 WIB, sempat dua hari digeser ke slot 21.00 WIB, sekarang dipindah ke slot 23.00 WIB.

Apa lagi lagu yang pernah dijadikan sountrack dua (atau lebih) judul sinetron?

(ray/yb)

video ramadan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft